Sabtu, 09 November 2013

ARTI DIBALIK ALASAN ALASAN BASI BUAT PUTUS

Malam ini gue mau ngebahas beberapa alasan basi yang masih
aja dipake para oknum penjahat cinta buat mengakhiri
hubungan mereka. Yang jelas, alasan-alasan ini udah sering
terdengar sejak zaman Si Doel masih jadi anak sekolahan,
sampe dia jadi Wakil Gubernur. Biasanya, orang-orang make
alesan-alesan di bawah ini cuma buat menutupi alasan yang
sebenernya nggak mutu banget. Jadi, misal sebenernya dia
udah punya gebetan baru, dia nggak mungkin bilang "Maaf,
kita putus aja ya.. Aku udah punya gebetan baru.." Karena
alasan semacam itu bakal ngasih cap buruk buat oknum itu.
Makanya, dia bakal ngarang alasan lain, biar bisa putus secara
terhormat. Nah, karena itu semua cuma alasan yang
mengada-ada, tentunya ada dong arti di belakang itu semua.
Apa aja alasan-alasannya? Cekidot.

Kita Nggak Cocok

Pada dasarnya, manusia itu karakternya beda-beda. Tuhan
terlalu kreatif untuk menciptakan dua manusia dengan sifat
yang sama. Semua hubungan pastinya diawali dengan
ketidakcocokan, tapi bagaimana hubungan itu bisa berjalan?
Ya tentunya dengan adanya kemauan untuk memaklumi dan
menerima ketidakcocokan akan sifat pasangan. Itulah fungsi
utama dari cinta. Menerima kekurangan dan kelebihan
pasangan apa adanya.
Kalo di awal hubungan saja mereka bisa mengusahakannya,
kenapa belakangan tidak bisa? Kenapa belakangan baru sadar
kalo tidak cocok? Jadi kalo pasangan minta putus dengan
alasan "tidak cocok", itu semacam alasan yang mengada-ada.
Alasan yang sebenernya adalah si dia sudah tidak mau lagi
menerima ketidakcocokan itu, mungkin karena dia udah
kehilangan perasaan yang dulu. Mungkin juga karena dia lagi
berusaha mencocok-cocokan diri kepada gebetan yang baru.
Intinya mah, yang namanya cinta, itu bisa menutupi segala
kekurangan yang ada. Kalo emang udah nggak cinta, ya nggak
bisa lagi dong memaklumi kekurangan pasangannya.

Aku Nggak Mau Nyakitin Kamu Lagi

Kalo denger kalimat di atas, gue malah ngebayangin seorang
psikopat yang lagi tobat. Oke, alasan ini konyol kalo orang
yang diputusin dengan alasan itu nggak pernah ngerasa
disakitin. Alasan itu mengada-ada kalo orang yang make
alasan itu nggak pernah berbuat jahat ke pasangannya.
Alasan ini masuk akal kalo ternyata orang yang make alasan
itu ternyata sudah lama diem-diem selingkuh, atau diem-diem
suka ngambilin pulsa dari hape pacar.

Mau Fokus Belajar

Gue pernah denger alesan kayak gini dari mantan calon
gebetan gue dulu. Begonya, gue dulu percaya aja gitu.
Akhirnya gue sadar kalo gue kena tipu. Setelah gue liat
beberapa hari kemudian dia jalan sama cewek baru. Ya,
ternyata alasan "Mau fokus belajar" dia itu arti sebenernya
adalah "Mau fokus belajar mencintai orang lain..". Pret!!
Lagian kalo emang mau fokus ke kuliah atau sekolah, bukan
putus sama pacar kok jalan keluarnya. Justru sebaiknya
didiskusiin dengan pasangan dulu soal rencana itu. Karena
pacar yang baik, pastinya akan selalu mendukung pasangannya
untuk melakukan hal yang baik juga. Itulah fungsi sebenernya
dari pacaran. Mendukung pasangan demi mempersiapkan masa
depan.

Kamu Udah Berubah

Sebenernya ini nggak jauh beda sama alasan di point pertama
tadi. Di mata gue, orang yang komplen bahwa pasangannya
berubah itu juga bersalah. Sebagai pasangan, harusnya dia
tau persis gimana sifat pasangan. Kalo ada hal sekecil apapun
yang berubah dan nggak berkenan dari pasangan, pasti sejak
dini dia bisa merasakan. Nah, kalo gejala semacam itu udah
muncul, kenapa nggak segera ditegur? Kenapa semacam
sengaja nunggu perubahan-perubahan kecil itu menggunung
dan membesar sehingga nggak bisa dibalikin lagi? Sengaja
kan..? kan..?! :p

Kamu Terlalu Baik

Gue paling males sebenernya kalo denger alesan sebasi ini
masih ada aja yang make. Kalo gue denger ada orang yang
bilang "Kita bubar ya, kamu tuh terlalu baik buat aku.." , gue
pengin banget jawab, "Oke deh.. Kita bubar aja, nggak apa-
apa.. Aku cuma bisa doain kamu dapet orang yang lebih jahat
daripada aku. Sesuai keinginanmu. Bye~"
Lagian, kalo si dia mutusin lo dengan alasan "Kamu tuh terlalu
baik buat aku", secara nggak langsung dia ngakuin kalo dia
brengsek. Yeah, you deserve better. Don't be sad, don't get
mad. Setiap kali lo patah hati, artinya jodoh sejati sudah
makin mendekati. :)

Kalopun lo pernah dapet alasan basi pas diputusin pasangan,
liat sisi positifnya aja deh.. Setidaknya dia udah ngasih
alasan. Kenapa? Karena sesakit-sakitnya patah hati karena
dikhianati atau diduakan, lebih sakit lagi kalo ditinggalkan
tanpa ada satu pun alasan. Gak enak loh, seumur hidup disiksa
terus oleh pertanyaan "Kenapa aku ditinggalkan?" "Apa karena
aku membosankan?" "Apa karena aku suka boker di zebra
cross?"

Yap.. This is the end of the post. Gue harap sharing gue hari
ini bisa menghapus kerinduan lo ama tulisan-tulisan gue di
blog ini.

@rechajunior

Tidak ada komentar:

Posting Komentar